Rabu, 26 Juni 2013

Bazar Kewirausahaan



            FIB - Bazar yang diadakan di FIB 27 Mei lalu adalah program praktikum dari mata kuliah Kewirausahaan. Terciptalah ide atau gagasan untuk mengadakan bazar karena mahasiswa FIB mendapatkan uang” pada  praktikum mata kuliah ini dan dijadikan sebagai  ajang kompetisi. Teknisnya sama seperti acara pada umumnya yaitu mengajukan proposal dan beberapa proses lainnya.

            Kelas Kewirausahaan berjumlah 15 kelas mulai dari mahasiswa (i) angkatan 2009 sampai angkatan 2012. Dari jumlah mahasiswa dari 3 angkatan tersebut kemudian dibagi menjadi 75 kelompok untuk dijadikan peserta lomba bazar. Tidak hanya cara menjual saja yang diajarkan, tetapi mahasiswa juga diajarkan tentang “business plan”. Sangat menarik dan benar-benar diajarkan secara detail. Sebelum perlombaan dimulai, sudah terdapat beberapa kelompok yang mulai menjual produk-produk mereka, bahkan ada yang sudah mendapatkan hasil Rp. 800.000,-.
            Semangat para peserta juga diperlihatkan ketika bazar berlangsung. Dari produk-produk yang mereka jual dibuat semenarik mungkin. Kebanyakan para peserta menjual produk jenis makanan, tapi ada juga yang menjual jilbab bagi yang berkerudung. Produk yang mereka jual juga tidak asal-asalan, produk tersebut bertemakan budaya.
            Kemeriahan acara ini ditunjukkan dengan tingginya antusias pengunjung dalam melakukan transaksi jual beli tersebut. Rencana semula dari panitia yaitu mengadakan lomba mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Namun ternyata dagangan yang dijajakan para peserta habis terjual sebelum jam 12 siang. Hal ini membuktikan keantusiasan dari para mahasiswa FIB baik dari peserta maupun pembeli.

            Para juri dan dosen mempunyai kriteria tersendiri untuk penilaian. Selain nilai individu yang diambil untuk nilai UAS, terdapat beberapa kategori untuk pemenang-pemenangnya seperti  Yang pertama adalah juara dengan kuantitas terbanyak kemudian voting yang diambil dari hasil vote para pembeli, dan yang ketiga adalah selling skill yaitu mempromosikan setiap produk yang mereka jual.(ken/fib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • PK2MABA FIB UB 2013