Minggu, 09 Desember 2012

OPINI - FIB Kita, Sudah Layak kah?

Bastian Dwiyan - Bahasa dan Sastra Prancis 2008


Fakultas Ilmu Budaya yang merupakan fakultas baru di Universitas Brawijaya kini terus melakukan perbaikan dalam pembangunan. Terlihat dari fasilitas di FIB seperti ruang kelas, toilet, lahan parkir hingga gedung baru sudah bisa dirasakan perkembangannya, sehingga mahasiswa FIB bisa mendapatkan fasilitas yang semakin baik. Namun di samping memiliki perkembangan yang cukup pesat, pembangunan FIB juga masih menyimpan hal-hal yang perlu diperbaiki. Bentuk dan konstruksi bangunan di gedung baru cukup memuaskan, karena ruangan kelas sudah sesuai standar, namun kurang mempunyai fasilitas seperti proyektor, LCD dan AC pada kelas-kelas. Kebersihan yang masih kurang terjaga dan tidak tersedia tempat sampah di setiap lantai atau ruangan pada gedung baru.  Denah gedung baru di setiap lantai juga sangat diperlukan agar setiap mahasiswa dan dosen mengetahui ruangan setiap lantai. Selain itu, pembangunan lift juga harus segera diselesaikan karena mengingat efisiensi waktu ketika mahasiswa atau dosen lupa membawa sesuatu yang mengharuskan untuk naik dan turun tangga.
Fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti student center atau semacam area kegiatan mahasiswa sangat dibutuhkan, melihat banyaknya mahasiswa yang berkumpul di depan kelas atau lobi fib, sehingga terkesan mengganggu mahasiswa yang sedang kuliah. Perlu adanya speaker atau audio di setiap kelas yang terpusat pada ruang operator, ketika ada info penting yang perlu diinformasikan kepada masing-masing kelas. Perlu adanya setiap cctv, disetiap lantai untuk menjaga keamanan di FIB. Di perpustakaan FIB juga perlu tambahan buku setiap bulan, agar terdapat referensi buku yang banyak, penambahan ruang laboratorium bahasa, agar setiap mahasiswa FIB dapat menjalankan kegiatan praktikumnya, kelas-kelas yang lebih luas, karena saat ini terdapat beberapa kelas yang kurang luas, padahal hal tersebut tidak sesuai dengan jumlah mahasiswa.

Di satu sisi terkait fasilitas parkir mahasiswa di kawasan FIB, masih perlu dibenahi karena masih sering terlihat fenomena ketidakteraturan penempatan kendaraan bermotor, serta masih banyaknya mahasiswa yang tidak mendapatkan lahan parkir, hingga mengakibatkan mahasiswa harus parkir di sepanjang tepi jalan FIB sekaligus berdampingan dengan kawasan jalan Fakultas MIPA. Dengan adanya pembongkaran green grass dan penambahan lahan parkir juga mengurangi kesempitan area parkir mahasiswa FIB. Selain itu, harapannya dengan dibangunnya gedung baru di FIB bisa menyediakan kantin, Wifi Zone dan hall yang nantinya semua masyarakat FIB bisa menikmati fasilitas tersebut. Dengan demikian semoga pembangunan di FIB segera terselesaikan dan semakin baik dengan fasilitas yang mendukung, sehingga mahasiswa bisa belajar dan menyalurkan kemampuannya dengan optimal, merasa nyaman dengan fasilitas yang mendukung, tentunya juga diimbangi dengan menjaga dan merawat kebersihan dan keindahannya. 

(Ditulis oleh: Bastian Dwiyan - Mahasiswa prodi Bahasa & Sastra Prancis 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • PK2MABA FIB UB 2013