Senin, 18 Maret 2013

Apa Itu FONETIK?


Fakultas Ilmu Budaya adalah fakultas yang identik dengan kegiatan tulis-menulis. Kegiatan tulis-menulis ini dapat dikembangkan melalui UKM yang ada di FIB. Sebelumnya sudah ada 2 UKM yang membawahi bidang ini, yaitu Mata Pena FIB (mewadahi bidang kepenulisan sastra) dan MIMESIS (mewadahi bidang jurnalistik). Namun kini telah hadir UKM baru yang mewadahi bidang kepenulisan ilmiah yaitu FONETIK (Forum Penelitian dan Kepenulisan Kultura). UKM yang baru berdiri pada 20 Desember 2012 ini dibentuk karena didorong oleh adanya kebutuhan akan lembaga riset fakultas yang dapat menampung minat kepenulisan ilmiah mahasiswa. Selain itu tingkat pengiriman PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) baik PKM DIKTI maupun PKM MABA yang masih sangat rendah juga menjadi dorongan bagi Afifah (ketua umum FONETIK) dan teman-teman untuk mendirikan FONETIK.

Pendirian UKM ini dilatarbelakangi dari program kerja Ristek Club yang ada sejak tahun 2009 di bawah naungan Departemen Riset dan Teknologi BEM FIB UB. Pada saat itu terbesitlah wacana untuk mendirikan sebuah lembaga riset fakultas. Namun karena adanya berbagai kendala, barulah pada kepengurusan BEM tahun 2012 dibentuk tim pendiri lembaga riset fakultas yang digagahi oleh anggota Departemen Riset dan Teknologi BEM FIB UB untuk mengumpulkan perwakilan dari setiap prodi di FIB yang masih peduli pada kepenulisan ilmiah. Setelah melakukan survei AD/ART dan program kerja ke beberapa Lembaga Riset Fakultas di fakultas lain seperti RSC (FIA), ARSC (FTP), dan FKPH (FH) serta setelah mengalami berbagai kendala internal, terbentuklah Lembaga Riset Fakultas Ilmu Budaya yang bernama SRIKANDI (Unitas Riset dan Kepenulisan Ilmiah). Namun karena adanya beberapa pengurus yang merasa nama tersebut kurang menarik, maka dirubah menjadi FONETIK (Forum Penelitian dan Kepenulisan Kultura) yang kemudian diresmikan oleh fakultas.
Walaupun UKM ini mewadahi bidang kepenulisan ilmiah, namun pada saat ini FONETIK lebih memfokuskan kegiatan mereka dalam pengkajian dan pembuatan PKM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengajuan PKM dari FIB yang masih rendah. Dalam mengupayakan hal ini, FONETIK akan menyelenggarakan ajang Kompetisi PKM MABA Tingkat Dekan, selain itu juga akan ada Crisis Centre dalam persiapan pengajuan PKM DIKTI dan PKM MABA Piala Rektor. Crisis Centre ini disediakan bagi mahasiswa FIB yang mengalami kesulitan dalam pembuatan PKM. Selain itu, FONETIK juga akan mencarikan rekan kelompok atau pembimbing bagi mahasiswa FIB yang memiliki minat dan ide menarik dalam pembutan PKM.
Kegiatan dalam UKM baru ini tidak hanya diperuntukan bagi anggotanya, tapi untuk seluruh mahasiswa FIB. Bagi yang kemarin tidak sempat mengikuti open recruitment, masih dapat mengikuti kegiatan FONETIK baik dalam pengkajian PKM atau kegiatan lainnya sebagai anggota muda. “FONETIK ini dari FIB untuk FIB, jadi semua bisa mendapatkan ilmunya”, ucap Afifah selaku Ketua Umum FONETIK.(ctp/fib)

2 komentar:

  1. hanya memberi koreksi,
    FKPH itu lembaga risetnya hukum bukan kedokteran. FKPH Forum Kajian dan Penelitian Hukum.
    (Elis-Akuntansi FEB 2011)

    BalasHapus
  2. Pihak redaksi Buletin Karya FIB memohon maaf atas kekeliruan penulisan FKPH sebagai lembaga riset dari Fakultas Kedokteran. FKPH yang tertulis sebagai lembaga riset dari Fakultas Kedokteran seharusnya adalah dari Fakultas Hukum. Terima kasih banyak atas revisinya.

    BalasHapus

  • PK2MABA FIB UB 2013