Senin, 18 Maret 2013

Retno Ambar Arum: Keisengan Berbuah Prestasi

Retno Ambar Arum - Mbakyu Kota Malang 2012


FIB punya wakil di Raki Jatim 2013. Bibit-bibit ke-artisan mahasiswi FIB di dunia hiburan semakin bertambah.  

FIB - Edisi profil kali ini, Buletin Karya FIB menampilkan seorang gadis cantik asal Kota Malang. Siapakah dia? Ya! Retno Ambar Arum, mahasiswi Sastra Inggris FIB UB 2011. Gadis yang biasa dipanggil dengan sebutan Arum, menorehkan prestasi yang cukup membanggakan bagi  Fakultas Ilmu Budaya.

Bagaimana sih awal mula Arum mengikuti event Mbakyu Kota Malang?
“Saya awalnya hanya iseng mengambil brosur mbakyu Kota Malang dengan teman saya.” Namun, takdir berkata lain. Keisengan Arum membuahkan prestasi di ajang pencarian Kakang-Mbakyu Kota Malang. Perjalanan Arum ini terbilang cukup panjang untuk menjadi Mbakyu Malang. Arum mengawali langkah pertama dengan mengikuti technical meeting di balai Kota Malang. Di sesi awal, Arum dihadapkan dengan tes wawancara dan tes tulis. Gadis kelahiran Malang, 15 Agustus 1993 ini kemudian lolos  40 besar calon Mbakyu. Perjuangan Arum  dilanjutkan dengan tes wawancara bahasa Inggris, Kepribadian, Psikologi, dsb.


Kelebihan atau bakat apa yang ditunjukan Arum ketika tes talenta?
Lagi-lagi gadis dengan postur tinggi badan semampai ini berhasil melanjutkan perjuangannya ke 20 besar calon mbakyu. Arum sadar pesaing-pesaingnya semakin berkurang tetapi  kemampuan mereka justru malah hebat dan penuh talenta.  Oleh karena itu, ketika materi uji talenta Arum berusaha semampu dia untuk menampilkan bakat terbaiknya. “Saya nyanyi dan bermain kibor (keyboard) saat tes talenta,” Jawab Arum. Usahanya tidak sia-sia, gadis yang mempunyai hobi renang ini kembali lolos ke babak selanjutnya dan masuk 10 besar finalis mbakyu Malang. Retno  Ambar Arum dan para finalis lainnya kemudian menjalani masa karantina selama satu minggu di guest house Kawi. Di babak 5 besar finalis mbakyu Malang, Arum menyebutkan Tribina Cita yaitu Malang sebagai kota Pendidikan, Pariwisata, dan Industri.

Apa tips-nya bisa menang dan jadi juara?
“Tidak disangka berkat doa, latihan, membaca materi pariwisata, dan kerja keras, saya bisa menjadi seperti ini,” tambah Arum.  Selanjutnya Arum masuk 3 besar. Pada babak tersebut dia mendapatkan pertanyaan tentang eco-wisata. Sadar peluang menjadi Mbakyu Malang semakin besar Arum yang notabend-nya adalah mahasiswi Sastra Inggris pun mengandalkan kemampuannya itu untuk menjawab pertanyaan tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Kapan sih mbak babak finalnya?
“Ehmm.. Sabtu, tepatnya tanggal 20 Oktober 2012, bertempat di guest-house, Kawi, saya terpilih sebagai Mbakyu Kota Malang 2012-2013,” tutur Arum. Prestasinya tidak hanya sampai di tingkat kota Malang. Arum mengatakan, “Saya akan ikut Raki Jatim 2013, untuk karantina pada tanggal 19-24 Maret 2013 dan grand final akan diselenggarakan pada 23 Maret 2013 di Grand City, Surabaya.

Lalu, bagaimana langkah Arum untuk memajukan Kota Malang dan tentunya Fakultas Ilmu Budaya?
Arum yang juga menjadi Duta Wisata Kota Malang, ketika ditanya tim redaksi buletin Karya FIB mengenai langkahnya untuk memajukan FIB, ia menjawab, “Sebagai Duta Wisata, tentunya saya sering mendapat pertanyaan, ‘Kuliah jurusan apa, Mbak?’ Saya pun menjawab, ‘Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.” Menurutnya, dengan begitu masyarakat umum akan mengenal dan mengetahui kemampuan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, yang tidak boleh dipandang remeh.  

Bagaimana caranya agar bisa mendukung Arum di event Raki JATIM 2013?
Arum juga meminta dukungan untuk dirinya di kompetisi Raki favorit Jawa Timur 2013. “Caranya ketik DWJ (spasi) RAKI (spasi) KOTA (spasi) MALANG kirim ke 9333,” pinta Arum. Biaya sms hanya Rp. 1000,- untuk semua operator. Buat teman-teman yang ingin mengenal lebih dekat keseharian Arum, bisa menambahkan akun Arum Eleonora sebagai teman facebook anda dan follow twitter-nya @arumeleonora04. Oleh karena itu, ayo warga Universitas Brawijaya dan khususnya warga Fakultas Ilmu Budaya dukung Arum sekarang juga, ya! Dukungan kita sangat berarti buat Retno Ambar Arum dalam memenangkan kompetisi Raki Jawa Timur 2013.(ddn/fib)

Profil
Nama Lengkap: Retno Ambar Arum
Nama Panggilan: Arum
Tempat & tanggal lahir: Malang, 15 Agustus 1993
Riwayat Pendidikan:
TKK Santa Maria 1 Malang
SDK Santa Maria 1 Malang
SMP Negeri 21 Malang
SMA Negeri 4 Malang


Riwayat Organisasi:
-   Model Agency di Gab’s Malang
-   Sekretaris OSIS
-   Mbakyu Kota Malang 2012 di Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • PK2MABA FIB UB 2013