Jumat, 26 April 2013

Si Jawara FRANCOPHONIE

Bangga: (Paling Kanan di Depan) Oky saat memamerkan sertifikatnya

FIB – Félicitation, ucapan selamat dalam bahasa Prancis ini memang tepat diucapkan kepada salah seorang mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis, Oky Mustika Sari.Oky yang baru saja pulang dari malam pengumuman pemenang FRANCOPHONIE ke-17 di Jakarta, menuturkan bahwa pihaknya berhasil membawa trofy juara 3 lomba Roman-Foto untuk kategori pelajar dan mahasiswa yang diselenggarakan di kediaman Duta Besar Prancis 19 Maret lalu.
FRANCOPHONIE  adalah festival Sinema Prancis yang setiap tahunnya rutin diselenggarakan  oleh Institut Français Indonesia (IFI). Pada edisi ke – 17 ini, tema yang diusung adalah “Comme au Cinéma” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Bagaikan Film”. Terdapat 4 kompetisi besar yang dapat diikuti oleh seluruh WNI penutur bahasa Prancis, yaitu kompetisi fotografi (untuk umum), kompetisi penulisan bebas (untuk guru dan dosen), kompetisi roman-foto (untuk pelajar dan mahasiswa), dan kompetisi untuk pelajar SMA.
Oky adalah mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis semester VI. Wanita berkacamata ini memang merupakan mahasisiwi yang kreatif. Dalam salah satu mata kuliah yang berbasis kepenulisan, ketika terdapat tugas untuk menulis puisi, Oky membuat puisi Caligramme (puisi yang berbentuk gambar dari isi puisi) bergambar Jean D’arc dengan ukuran yang cukup besar dimana mahasiswi lainya menulis puisi dalam bentuk konvensional.Karya Oky yang disertakan dalam Kompetisi Roman-foto pun merupakan photo yang ia miliki jauh sebelum lomba ini diselenggarakan. Dengan kreatifitasnya, Oky menggabungkan berbagai foto yang dimilikinya menjadi rangkaian cerita sesuai dengan jalan cerita film L’exercice de l’Etat. Lomba Roman-foto sendiri adalah lomba berupa photo-story dengan dialog bahasa Prancis yang jalan ceritanya sesuai dengan film Prancis yang telah ditentukan oleh panitia. Lomba ini adalah lomba pertama kalinya yang diikuti oky dalam sekian Francophonie yang telah diselenggarakan.Selain Oky, terdapat juga mahasiswa lainnya dari Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis FIB-UB yang mengikuti lomba tersebut, namun hanya karya Oky yang menjadi Finalis 3 Besar.

Beberapa minggu sebelum malam pengumuman pemenang, Oky  dihubungi oleh pihak panitia bahwa dia merupakan finalis 3 besar untuk kategori pelajar dan mahasiswa. Dua orang lainnya adalah Melly Aviani (UNJ, Jakarta) dan Anne Christina (IFI Bandung). Setelah dihubungi oleh pihak panitia, Oky diberi tiket pesawat Malang-Jakarta untuk menghadiri malam pengumuman pemenang. Sesampainya di Jakarta, panitia menyediakan fasilitas berupa kamar hotel di salah satu hotel bintang 4 ternama di Jakarta. Pada hari sebelum acara dimulai, Oky bersama dua finalis lainnya menyempatkan diri untuk berjalan – jalan di kawasan Menteng. Setelah jalan – jalan sebentar, Oky beserta finalis lainnya segera menuju ke tempat acara berlangsung. Acara malam pengumuman ini dihadiri oleh Duta Besar Prancis yang ditunjuk,  Corinne Breuzé, Duta Besar dari negara Swiss, Maroko, Tunisia, Yunani, Ukraina dan Rumania, Perwakilan dari Kedutaan Besar Laos dan Jepang, beberapa tokoh Frankofon dan perwakilan dari beberapa SMA dan perguruan tinggi dari Indonesia. Disana, wanita berkerudung ini mendapat jamuan yang sangat baik oleh penyelenggara acara. Sesaat sebelum acara puncak dimulai, para tamu yang hadir disuguhkan berbagai macam minuman dan makanan kecil khas prancis seperti Canape, Caviar, dan Amusbout.
Setelah mencicipi berbagai hidangan, acara inti pun di mulai. Acara ini dibuka oleh Duta Besar Prancis, Madame Corinne Breuzé. Sebelum pemenag diumumkan, Oky dan finalis lainnya dibawa ke ruangan lain untuk pengarahan dari panitia. Dari 4 kompetisi yang dilombakan, masing – masing terdapat 3 finalis. Oky merupakan satu-satunya perwakilan dari universitas yang berada di Jawa Timur. Pengumuman pemenang disebutkan dari juara 3 ke juara 1, yang masing – masing juara satu dari setiap kompetisi mendapatkan hadiah perjalanan ke Prancis selama 2 minggu beserta akomodasi. Namun Oky belum dapat berkesempatan untuk mengunjungi Prancis, karena wanita imut ini berada di juara 3 dengan hadiah voucer sebesar Rp.500.000 dan buku Prancis. Sekali lagi kami ucapkan, Félicitation untuk Oky Mustika Sari. (ctr/fib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • PK2MABA FIB UB 2013