Selasa, 09 April 2013

Perubahan Sistem Penerimaan Beasiswa PPA dan BBM di Universitas Brawijaya

Sistem pendaftaran online yang diterapkan oleh Universitas Brawijaya untuk penerimaan beasiswa PPA dan BBM selama 7 tahun terakhir dinilai kurang efisien. Universitas Brawijaya adalah satu-satunya universitas yang menerapkan sistem pendaftaran beasiswa dari Kementrian Pendidikan tersebut secara online, dan kebijakan tersebut dinilai tidak tepat waktu dalam hal pencairan dana, kurang efisien, serta tidak tepat sasaran. Kementrian Pendidikan pun telah memanggil Pembantu Rektor III Universitas Brawijaya mengenai masalah tersebut.
Menanggapi panggilan dari Kementrian Pendidikan, akhirnya Rektor mengambil keputusan bahwa untuk penerimaan beasiswa PPA dan BBM tahun ini yaitu dengan mengubah sistem pendaftaran online menjadi pendataan langsung dari pihak rektorat dan fakultas dengan rincian sebagai berikut:
  • Penerimaan BBM akan diambil dari data penghasilan orang tua yang ada di akun SIAM mahasiswa;
  • Penerimaan PPA Akademik akan diambil dari data nilai IPK yang ada di akun SIAM/SIAKAD mahasiswa;
  • Penerimaan PPA Non Akademik akan diambil dari data prestasi dan/atau keaktifan di organisasi intra kampus yang telah dilaporkan ke Kemahasiswaan Fakultas (Pembantu Dekan III).

Data-data tersebut dianggap paling valid, terutama di SIAM karena mahasiswa telah mengisi data-data tersebut saat awal perkuliahan semester pertama, dan telah dibubuhi materai saat registrasi ulang. Jika terbukti data yang diisikan saat awal perkuliahan tidak benar, mahasiswa tersebut akan langsung di-drop out.

Nama-nama calon penerima beasiswa PPA dan BBM akan muncul di website beasiswa.ub.ac.id pada hari Kamis, 11 April 2013 dan dipublikasikan langsung oleh pihak IT rektorat. Setelah nama-nama calon penerima diumumkan, calon penerima memiliki waktu selama 1 minggu untuk pengunduran diri apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak menyetujui pemberian beasiswa tersebut. Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan data dalam kurun waktu 1 minggu tersebut. Perubahan data dilakukan jika orang tua bangkrut/pensiun atau orang tua meninggal. Jika ada perubahan data atau pengunduran diri, maka akan diumumkan 3 hari setelah 1 minggu dari waktu yang ditetapkan tersebut.
Terdapat tiga kategori mahasiswa yang tidak dapat terdaftar menjadi calon penerima dan secara otomatis tidak dapat menerima beasiswa PPA atau BBM, di antaranya:
  • Mahasiswa yang sudah menerima beasiswa Bidik Misi
  • Mahasiswa yang sedang mendaftar beasiswa dari pihak lain
  • Mahasiswa yang sudah menerima beasiswa dari pihak lain

Dalam hal ini, tugas dari Departemen Advokesma BEM FIB UB hanya mengontrol dan melaporkan ke pihak dekanat jika terdapat ketidaksesuaian.
Untuk tahun ini, total penerima beasiswa untuk seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya adalah 2.750 orang dengan rincian 950 orang penerima beasiswa PPA serta 1.800 orang penerima beasiswa BBM. Fakultas Ilmu Budaya mendapat jatah sebanyak 195 orang penerima beasiswa PPA dan BBM. Pembagian penerimaan beasiswa PPA dan BBM tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kategori PPA Akademik ditujukan untuk 3 orang mahasiswa dengan IPK terbaik per angkatan dalam tiap prodi. Fakultas Ilmu Budaya mendapatkan jatah sebanyak 75 orang di kategori PPA Akademik, dengan rincian:

  1. Sastra Inggris: 3 x 4 angkatan (2009-2012) = 12 orang
  2. Sastra Jepang: 3 x 4 angkatan (2009-2012) = 12 orang
  3. Bastra Prancis: 3 x 4 angkatan (2009-2012) = 12 orang
  4. Bastra Cina: 3 x 3 angkatan (2010-2012) = 9 orang
  5. Pendidikan Bastra Indonesia: 3 x 2 angkatan (2011-2012) = 6 orang
  6. Pendidikan Bastra Inggris: 3 x 2 angkatan (2011-2012) = 6 orang
  7. Pendidikan Bastra Jepang: 3 x 2 angkatan (2011-2012) = 6 orang
  8. Seni Rupa: 3 x 2 angkatan (2011-2012) = 6 orang
  9. Antropologi Budaya: 3 x 2 angkatan (2011-2012) = 6 orang

  • Kategori PPA Non Akademik ditujukan untuk mahasiwa yang berprestasi di kejuaraan tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, kategori PPA Non Akademik juga ditujukan untuk mahasiswa yang aktif di organisasi intra kampus. Tahun ini, riwayat kepanitiaan dalam sebuah kegiatan tidak termasuk dalam kategori ini. Untuk kategori ini, ada sekitar 20 orang mahasiswa calon penerima.
  • Kategori BBM ditujukan untuk mahasiswa dengan penghasilan orang tua yang paling rendah tiap fakultas. Untuk kategori ini, terdapat jatah sebanyak 100 orang mahasiswa calon penerima untuk Fakultas Ilmu Budaya.

Di tahun ini, jumlah uang beasiswa yang diterima mahasiswa masih tetap seperti beberapa tahun sebelumnya, yaitu Rp 350.000 per bulan dengan total Rp 4.200.000 selama satu tahun.
Dengan sistem yang baru ini diharapkan beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa lebih tepat sasaran, tepat waktu, dan lebih efisien. Informasi ini merupakan hasil dari sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak rektorat pada hari Senin, 8 April 2013. Untuk pertanyaan seputar penerimaan beasiswa PPA dan BBM Universitas Brawijaya dapat menghubungi Menteri Advokesma BEM FIB UB melalui telepon atau SMS ke nomor 085735730880.(fhm/fib)

4 komentar:

  1. hari ini kok belum ada pengumuman tentang nama2 penerima?

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Lengkap.
    @Debbi Candra. Sudah ada sekitar 1 bulan yang lalu. Silahkan cek website resmi Beasiswa UB. Terima kasih.

    BalasHapus

  • PK2MABA FIB UB 2013